Yang Pertama, Bancakan Salak Wonosalam 2016

 

Bancakan Salak Wonosalam 2016 yang sedianya akan diadakan pada Minggu, 29 Mei 2016, tinggal menghitung hari saja. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Galengdowo ini, merupakan kegiatan perdana yang dimaksudkan sebagai media promosi dan launching Desa Galengdowo sebagai rintisan Desa Wisata.

Salak Galengdowo diharapkan akan dikenal publik sebagai salak unggul lokal. Salak yang bernama latin zallacca ini merupakan varietas pondoh. Setelah mengalami domestikasi di tanah pertanian Galengdowo, salak pondoh Galengdowo memiliki rasa manis, tekstur renyah berair, biji buah besar dan tebal. Sangat berbeda dari rasa asli di tanah kelahirannya.


Menjelang gelaran bancakan salak ini, Dusun Pengajaran sebagai tuan rumah sudah mulai berbenah. Rumput-rumput di tepi jalan sudah dibersihkan. Umbul-umbul di sepanjang lokasi sudah dipasang untuk menyemarakkan acara. Kegiatannya sendiri akan digelar di Bumi Perkemahan Pengajaran. Kerangka tumpeng salak sudah dikerjakan sejak seminggu lalu. Rumput sudah dipotong dan area perkemahan ditata sedemikian agar muat menampung pengunjung dan pedagang lokal.

Smentara pengunjung bumi perkemahan yang sudah memesan lokasi untuk berkemah pada hari H tidak kurang 400 orang dari beberapa sekolah dan organisasi. Meski acara perdana ini hanya bersekala desa dan kecamatan Wonosalam, namun animo masyarakat luas cukup baik.

Selain memperkenalkan potensi wisata Desa Galengdowo yang berupa potensi alam, pertanian, peternakan, perkebunan, UMKM dan kesenian. Kegiatan bancakan salak diharapkan mampu menggairahkan kegiatan budidaya salak sebagai salah satu usaha yang menguntungkan dan menghasilkan bagi kehidupan petani Galengdowo. Banyaknya kematian pohon cengkih,membuat budidaya salak menjadi primadona baru, harapan bagi penduduk desa Galengdowo selanjutnya.

Semoga acara Bancakan Salak ini dapat berjalan lancar sesuai rencana. Sebagai event pembuka rintisan Desa Wisata Galengdowo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Sebagai media promosi dan perkenalan bagi masyarakat luas. Dan selanjutnya dapat meningkatkan kunjungan tamu dan wisatawan di Desa Galengdowo. 

Tertarik? Ayo segera meluncur ke Desa Galengdowo pada Minggu, 29 Mei 2016. [sumber: tim argowayang].



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

J-Theme